16
May
weXECw2B3sikzjlbp9ntTxnc77uJQfW6GTaLhjCJ.png

Rekruiter: 15 Istilah Umum Harus Calon Karyawan Ketahui

Sudah Tau Istilah Yang Umum Digunakan Rekruter? Harus Tau Dan Paham Lho!

Sebagai seorang jobseeker atau seorang yang sedang mencari pekerjaan, pastinya akan menemukan kata – kata atau istilah yang umum dalam halaman lowongan kerja. Tujuannya bukan hanya untuk menjelaskan jobdesk tetapi juga agar jobseeker dapat menentukan apakah pekerjaan tersebut cocok dengan dirinya.

Baik, Yuk kita kupas tuntas istilah umum yang digunakan rekruter selama proses rekruitmen! Simak terus ya!

  1. Degree atau Gelar

    Istilah ini sangat umum bagi para jobseeker dalam mencari pekerjaan. Banyak pekerjaan yang mengharuskan kandidat untuk memiliki gelar tertentu sebagai syarat bekerja. Biasanya dalam deskripsi pekerjaan telah tercantumkan gelar atau degree yang dibutuhkan supaya dapat sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan oleh hiring manager untuk posisi terkait.

  2. Compensation atau Kompensasi

    Istilah umum ini mengacu pada gaji, asuransi, jumlah cuti maupun benefit lain dalam bekerja. Informasi seputar kompensasi ini ditampilkan untuk menarik minat kandidat pada posisi yang ditawarkan. Hal ini menjadi acuan para kandidat tentang ekspektasi benefit yang dapat didapatkan saat bekerja nantinya.

  3. Passionate

    Arti dari kata passionate dalam lowongan pekerjaan bahwa perusahaan sedang mencari kandidat yang memiliki antusiasme dengan posisi tersebut beserta tanggung jawabnya. Hal ini karena bila seorang mengerjakan pekerjaan dengan antusias maka akan memberikan performa yang lebih baik yang tentunya hasilnya pun memuaskan.

  4. Hiring Manager

    Istilah ini merupakan arti dari sebuah jabatan yang bertanggung jawab untuk mewawancarai dan mengevaluasi jobseeker. Sehingga, lebih baik mencari tau nama hiring manager ketika akan melamar pekerjaan. Dengan begitu, jobseeker dapat mengetahui kontak ketika ingin melakukan follow-up terkait lamaran pekerjaan.

  5. Hands-on

    Hands-on merupakan istilah yang sering rekruter gunakan untuk memberi tau kepada kandidat bahwa pekerjaan pada posisi tersebut akan terlibat langsung dengan orang, objek, atau pada tempat tertentu.

  6. Company culture atau budaya perusahaan

    Istilah umum ini merupakan bentuk dari nilai, moral, dan standar yang sesuai dengan perusahaan untuk pekerjanya. Dengan informasi terkait budaya perusahaan, kandidat juga dapat mengetahui perusahaan mana yang sekiranya cocok dengan jobseeker.

  7. Motivated atau termotivasi

    Biasanya, hiring manager lebih menyukai kandidat yang memiliki motivasi dalam mengembangkan karirnya dan ingin belajar sebanyak mungkin.

    Untuk menarik minat kandidat, biasanya perusahaan mencantumkan kata – kata motivasi seperti:

    1. Ingin berkembang secara professional pada bidangnya

    2. Dapat mengadapi dan melewati tantangan

    3. Terus meningkatkan kualitas kerjanya

  8. Outsourcing

    Outsourcing merupakan istilah yang cukup jarang jobseeker ketahui. Hal ini mengacu pada bagaimana perusahaan merekrut seseorang dari luar unutk mengisi posisi tersebut.

  9. Fit

    Istilah ini mengacu pada kemampuan kandidat untuk bisa berfungsi dengan maksimal pada posisinya dan bertindak sebaik tim di perusahaan. Istilah fit ini bermaksud agar para kandidat dapat menentukan apakah cocok di perusahaan tersebut dan memberi nilai serta keahliannya di sana.

  10. Phone Interview

    Seringkali perusahaan melakukan phone interview untuk melakukan follow-up pada kandidat yang menjanjikan. Istilah ini menjadi salah satu opsi dengan memberi tahu kandidat bahwa proses interview dapat berlangsung dengan cara phone interview.

  11. Sertifikat Profesional

    Salah satu istilah yang sering rekruter gunakan ialah sertifikat professional. Hal ini berarti bahwa pekerjaan tersebut membutuhkan seorang kandidat yang sudah tersertifikasi terkait pekerjaannya.

  12. Qualified

    Hiring manager menggunakan istilah qualified agar mendapatkan kandidat yang memenuhi syarat dalam deskriopsi pekerjaan. Para jobseeker tentunya juga harus melihat kualifikasi dari pekerjaan, apakah sudah memenuhi syarat kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

  13. Work Life Balance

    Istilah umum lain ialah work life balance. Rekruter menggunakan istilah ini bermaksud bahwa waktu personal kerja wajib dan perlu dihargai adanya. Istilah ini juga menunjukkan bahwa pekerjaan tersebut memberikan waktu untuk dapat mengejar hobi dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

  14. Sourcing

    Ini mengacu pada dari mana perusahaan mendapatkan kandidatnya. Biasanya hiring manager menggunakan istilah berikut:

    1. Mengindikasikan platform yang sering kandidat akses

    2. Menjelaskan tanggung jawab posisi terkait

    3. Menanyakan bagaimana kandidat dapat menemukan lowongan pekerjaan tersebut

  15. University Recruiting

    Perusahaan biasanya juga menarget freshgraduate yang memiliki performa layaknya seorang professional dalam proses rekrutmennya. Jika terdapat istilah ini dalam lowongan pekerjaan, ini berarti bahwa perusahaan akan cenderung menerima lamaran kerja freshgraduate.

Nah, itu beberapa istilah yang sering digunakan dalam hal mencari pekerjaan. Bagaimana sudah paham kan? Yuk segera daftar dan raihlah karir yang kamu inginkan dengan bergabug di Eka Akar Jati. Tunggu apalagi! Dapatkan kesempatan bekerja di Bank Syariah Terbesar di Indonesia!

Tag :
Assalamualaikum

Selamat datang di Contact Person
E - Recruitment PT Eka Akar Jati

Contact Person Admin CS 1
6282210780832
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu?
×
Hubungi via Whatsapp